Thursday, August 24, 2017

Tips Merekam Video Profesional dengan HP Android



Kamera Android untuk Video Profesional


Buat anda yang sangat mencintai dunia videografi pasti selalu gatal setiap melihat momen seru dan menarik. Pasti juga ingin selalu mengabadikannya sebagai dokumen pribadi untuk ditonton bersama keluarga anda kan. tapi mungkin anda berfikir merekam video bagus harus menggunakan kamera yang bagus juga, Ups itu salah cukup dengan kamera smartphone saja anda bisa mendapatkan hasil video yang setara dengan video dslr profesional.
Baiklah biar tidak lama-lama berikut ini team gelaspecah.id akan berbagi tips Merekam video profesional cukup dengan Kamera HP Android.


1. Gunakan Kamera HP yang Mumpuni
Disini Kamera smartphone yang mumpuni mempunyai peranan yang sangat penting dalam menghasilkan rekaman video yang bagus. Oleh karena itu, Pastikan bahwa smartphone anda memiliki kamera yang mendukung untuk merekam video. tapi tidak usah kawatir saat ini hampir semua produsen smartphone telah merilis banyak sekali produk smartphone yang bisa merekam video sekelas DSLR baik dengan resolusi Full HD maupun 4K.
Contohnya : Produk SAMSUNG J7, Xiomi, Vivo, OPPO dll.
Para produsen telah melengkapi dengan resolusi kamera yang diatas 8MP, kemampuan sensor kamera yang cukup tinggi dan software/aplikasi perekam video terbaik untuk hp android yang sudah memiliki banyak fitur videografi seperti DSLR.

Tips memilih Smartphone untuk Videografi...


2. Kamera Smartphone yang didukung Fitur Image Stabilizer
Fitur image stabilizer ini berperan penting untuk menjaga kestabilan gambar selama proses perekaman. Meski tangan Anda bergetar/bergoyang, fitur canggih dalam kamera tetap mampu menjaga kestabilan gambar yang anda rekam sehingga tidak perlu lagi khawatir dengan gambar yang bergoyang.
Fitur ini  memang sudah tersedia pada smartphone kelas hight-end. Namun untuk fitur image stabilizer yang handal, umumnya Anda hanya bisa menemuinya pada hp kelas flagship. Salah satu kamera smartphone yang memiliki fitur image stabilization yang handal adalah iPhone 6S.


3. Bantuan Tripod atau Monopod
Salah satu trik menghasilkan video secara profesional adalah dengan menjaga kamera agar tidak banyak bergerak atau shake. Fitur image stabilizer mungkin cukup membantu, akan tetapi dibalik kelebihan pasti memiliki kelemahan. Untuk menjaga kamera tetap berada dalam posisi steady, Anda membutuhkan perangkat tambahan seperti tripod ataupun monopod. apalagi jika anda merekam dengan durasi lama ataupun dalam acara resmi yang tidak di ijinkan berlalu-lalang di area acara.

Maka dengan mengunakan Tripod atau monopod memungkinkan kamera bekerja lebih optimal dan membuatnya lebih mudah fokus pada moment yang ingin ditangkap.
Tentu Anda tidak ingin kehilangan moment penting, karena video yang anda ambil harus di cut karena hasilnya goyang ataupun tidak fokus dan Agar gambar tidak banyak bergoyang dan fokus tepat pada sasaran, jangan lupa juga untuk meletakkan kamera dan tripod pada permukaan yang rata.


4. Jangan Gunakan Zoom
Ini adalah hal paling berbahaya dalam menghasilkan video profesional, karena kamera smartphone hanya dirancang untuk sekedar mengabadikan moment. jadi jangan sekali-kali mengunakan video zoom untuk menangkap gambar yang jaraknya jauh. Karena hasilnya nanti akan pecah dan bergoyang lebih parah, dikarenakan Kamera smartphone hanya menggunakan fitur digital zoom berbeda dengan DLSR yang menggunakan lensa yang menghandalkan optical zoom.

Catatan penting : Semakin jauh anda menggunakan fitur zoom pada smartphone anda, semakin pecah dan bergoyang video yang akan dihasilkan. Jadi disarankan anda mendekati objek ataupun tetap mengambil full frame video untuk menghasilkan Video yang profesional.


5. Perhatikan Angle Kamera
Mungkin terlihat Sulit didengar. Tapi sampai kapanpun Angle merupakan hal penting untuk menghasilkan video yang dapat menyampaikan pesan dari setiap moment yang di ambil.
Mungkin anda bisa melihat berbagai behind the scene film mancanegara, disana ada seorang DOP yang selalu mencari dan mengeset angle terbaik untuk para videografer agar menghasilkan video yang sesuai dan bagus saat dilihat.

Tips memilih angle yang baik untuk menghasilkan video profesional...

Untuk memperoleh angel terbaik, tentukan moment yang ingin ditangkap dan perhatikan kondisi lingkungan sekitar. Perasaan anda harus peka pada setiap moment yang ada. Anda memang tidak akan bisa mendapatkan angle yang tepat hanya dalam satu kali percobaan. Cobalah untuk mengelilingi objek yang ingin anda rekam dan pahami titik mana yang mampu menghasilkan gambar terbaik. Anda mungkin juga akan mempertimbangkan posisi atas bawah dan jarak pengambilan gambar.


6. Atur Pencahayaan
Pencahayaan memiliki peranan penting dalam menghasilkan dan menentukan kualitas video. Terkadang tidak cukup hanya dengan pencahayaan yang cukup saja. Untuk mendapatkan visual efek dan kesan-kesan tertentu, Anda juga bisa mempertimbangkan gelap terangnya pencahayaan. Dengan sedikit mengurangi intensitas cahaya, Anda bisa memperoleh efek cinematik. Cahaya yang terlalu terang juga tidak selalu buruk. Selama komposisinya tepat dan setingan kamera benar, semua itu bisa memberikan efek yang menarik.

Untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat, Anda juga harus tahu sumber cahaya datang dari mana dan yang digunakan dari arah mana. Sebagai contoh, saat Anda mengambil gambar di luar ruangan dengan matahari sebagai sumber cahayanya, usahakan untuk tidak menghadap langsung pada arah datangnya sinar matahari. Ada baiknya untuk sedikit membelakanginya. Sedangkan saat mengambil gambar di dalam ruangan, pertimbangannya sebenarnya juga tidak berbeda jauh tapi cukup dengan menggunakan sumber cahaya buatan, Anda bisa lebih bebas menentukan arah datangnya cahaya.


teknik Pencahayaan untuk video shooting...


7. Gunakan Aturan Ketiga
Untuk mendapatkan gambar yang cantik dan fokus yang tepat, banyak videografer amatis meletakkan objek yang ingin direkam pada sisi tengah bingkai. justru cara ini sebenarnya tidak direkomendasikan. Cara ini sebenarnya membuat gambar yang direkam jadi terlihat statis dan membosankan. Cobalah untuk meletakkannya sedikit ke pinggir entah itu ke sisi sebelah kiri atau kanan aturan 3/4 Bingkai. Cara ini bisa membuat gambar yang direkam terlihat lebih menarik secara visual dan mendapatkan moment yang menarik.


Baiklah cukup sampai disini dulu postingan kali ini, silahkan berlangganan blog ini untuk mendapatkan informasi terupdate lainnya.
Salam Team Gelaspecah.id

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner